MENUJU METRO TRUSS

TIPS MEMBUAT KURSI DAN MEJA DARI SISA RANGKA BAJA RINGAN

Berkreasi dengan baja ringan memang bukan hal yang tidak mungkin, bahan baku untuk membuat rangka atap rumah dan canopy ini kerap dijadikan sebagai kerajinan lain seperti Meja, Kursi, dan juga sebagai rak sepatu. Keutamaan bahan baja ringan ini adalah tidak rapuh walaupun diletakkan di luar ruangan yang terkena hujan dan panas, dapat dengan mudah dipsang dan dibongkar, dan tentunya cukup mudah untu merangkainya.


Tentukan Bentuk dan Ukuran Kursi
Tentukan bentuk kursi yang ingin anda buat, berbagai macam bentuk lursi dapat dibuat dengan menggunakan bahan baja ringan seperti kursi panjang, kursi ruang makan dengan sandaran. Anda dapat juga menyesuaikan dengan bentuk kursi dari bahan kayu yang ada di rumah anda.

Sesuaikan ukuran kursi dengan ukuran badan anda agar kusi terasa nyaman saat digunakan, sesuaikan tinggi kaki kursi dengan ukuran kaki anda dari telapak kaki sampai ke lutut agar lebih ergonomi dan  nyaman.

Setelah semua bagian diukur seperti panjang, lebar, dan tinggi kursu, maka langkah selanjutnya adalah memotong baja ringan menjadi bagian-bagian yang diinginkan sesuai dengan ukuran masing-masing.

Memotong Baja Ringan Menjadi Beberapa Bagian

Cara memotong baja ringan dapat menggunakan gunting khusus baja ringan yang dapat diperoleh di toko bangunan dengan kisaran harga 50rb s.d. 100rb. Namun juga bisa menggunakan mesin potong / gerinda.

Berhati-hatilah pada ujung baja ringan hasil potongan, karena bagian ini sangat tajam. Pegang secara perlahan. Anda juga bisa menghaluskan bagian ini dengan menggunakan batu asah atau gurinda agar tidak melukai saat sudah menjadi kursi nantinya.

Merangkai Kursi
Cara Membuat Kursi dari baja ringan, Contoh kursi dari baja ringan, Karya seni dengan memanfaatkan sisa baja ringan, Kerajinan Dari Barang Bekas, Tanaman Sayuran, Tips Praktis,
Perangkaian potongan-potongan baja ringan ini perlu tenaga ekstra, karena anda harus melakukan pemasangan baut menggunakan bor listrik. Jika anda belum terbiasa maka yang terjadi adalah baut akan meleset atau baut menjadi dol karena putaran bor yang terlalu kencang.

Yang perlu diperhatikan saat merangkai potongan-potongan baja ini adalah kelurusan (siku) agar menghasilkan kursi yang rapi dan kuat.

Potonglah beberapa bagian dari baja ringan agar menambah kekuatan siku saat dipasang. Pasang baut sebanyak 2-3 buah pada masing-masing titik agar semakin kuat.

Memasang Penyiku

Setelah semua bagian sudah dirangkai, langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan terhadap kekuatan kursi. Perhatikan apakah ada bagian yang masih goyang. Jika masih ada bagian yang goyang maka tambahkanlah baut atau buatkan penyiku untuk menopang semua bagian agar tidak mudah bergerak. Bagian yang paling perlu dipasang siku adalah bagian kaki-kaki kursi agar tidak mudah bergerak saat diduduki.

Itulah beberapa tips memanfaatkan rangka baja ringan sisa untuk dijadikan kursi atau meja, sehingga sisa baja ringan tidak menjadi sampah. bentuk dan ukuran kursi tidak terpaku seperti apa yang dijabarkan dalam artikel ini, tentunya hal ini sangat tergantung dar selera masing-masing.

INFO DAN ORDER MEJA DAN KURSI   :
METRO Aluminium & Truss
Kantor dan Bengkel :
Jl. Mastrip Gg. Kelapa Muda 29
Probolinggo
HP. 082.330.731.947
BBM : 75DCA415

1 komentar:

  1. Terima kasih ilmunya, alangkah baiknya kalo artikel juga dikengkapi dengan foto foto kreasi berbahan baja rngan/ galvalume.

    ReplyDelete